TUGAS DAN FUNGSI SEORANG ARSITEK LANSKAP

Siapa itu Arsitek Lanskap? Mari Kita Mengenal Lebih Dalam Tentang Keprofesian Yang Satu Ini

Sebelum membahas tugas dan fungsi seorang arsitek lanskap, mari kita mengenal terlebih dahulu siapa itu arsitek lanskap. Menurut akuarsitek.com, Arsitek lanskap yaitu seorang arsitek yang mempunyai fokus berbeda dari seorang arsitek bangunan, jika biasanya kita mengenal seorang arsitek membangun sebuah rumah/gedung/hotel maka arsitek lanskap merupakan seorang yang merancang ruang terbuka hijaunya atau biasa kita sebut dengan lanskap. Arsitek Lanskap yang merencanakan, merancang, dan mengelola ruang terbuka, termasuk lingkungan alami ataupun buatan. Dan ruang terbuka yang diciptakan tentu saja harus fungsional dan estetis.

Arsitektur Lanskap
Sumber Gambar : https://nikifour.co.id/renovasi-pagar-tangga/

Nah bagaimana sobat arsitek ? Sekarang sudah tau kan siapa itu Arsitek Lanskap ? Sekarang, mari kita bahas tugas dan fungsinya.

1. Mengawasi desain berbagai proyek lanskap.
Tentu saja dalam proyek pengerjaan lanskap, pastilah dibutuhkan yang namanya pengawasan, agar lanskap tersebut sesuai dengan apa yang dirancang ataupun direncakan.

Taman Spathodea, Jagakarsa, Jakarta Selatan
Sumber Gambar: https://www.infocarfreeday.net/2020/01/31/ruang-terbuka-hijau-fasilitas-lengkap-ada-di-jagakarsa/

2. Melakukan studi tentang kondisi-kondisi tertentu
Sebelum melakukan perencanaan dan perancangan tentu saja seorang arsitek lanskap melakukan site visit/langsung melihat kondisi lapangan, bagaimana kontur tanah, lokasi lahan, maupun drainase. Intinya sebelum merancang seorang arsitek lanskap harus menganalisis site/lahan yang ingin dirancang.

Site Visit
Sumber Gambar : https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Ninh_Thuan_NPP_Site_Visit_(01810490).jpg

3. Melakukan penilaian dampak lingkungan
dampak lingkungan disini artinya sang arsitek harus memikirkan terlebih dahulu, impact/efek apa yang akan terjadi setelah lanskap selesai dibangun? apa harapan yang di inginkan setelah terwujudnya lanskap yang dirancangnya? apakah membawa efek positif bagi lingkungan sekitar dan masyarakat?

Analisis Dampak Lingkungan
Sumber Gambar : https://www.harmony.co.id/blog/dokumen-amdal-analisis-dampak-lingkungan

Nah, sekarang sudah tahu kan apa tugas dan fungsi seorang arsitek lanskap? semoga ilmu ini bermanfaat bagi sobat arsitek semua ya ! Jika kalian tahu tugas dan fungsi yg lainnya, silahkan berkomentar dibawah ya ! Thank you 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *