ZAHA HADID

Siapa yang tidak kenal dengan Arsitek wanita yang satu ini ? dengan karya-karyanya yang sangat berani, membuat beliau menjadi sosok inspirasi bagi semua para Arsitek di dunia. Apalagi dengan desain-desainnya yang terkesan futuristic menjadikan arsitek yang satu ini mempunyai karakter yang sangat kuat sehingga mudah dikenali.

Zaha Hadid
Sumber : https://news.artnet.com/art-world/will-zaha-hadid-81-million-819215

BIOGRAFI

Nama Lengkap             : Dame Zaha Mohammad Hadid
Tempat/Tanggal Lahir : Baghdad, Irak/31 Oktober 1950
Wafat                              : Miami, Florida, A.S/31 Maret 2016
Agama                            : Islam
Pekerjaan                      : Arsitek
Kebangsaan                  : Britania – Irak
Ayah                               : Muhammad al-Hajj Husayn Hadid
Pekerjaan Ayah            : Pengusaha/Industrialis
Ibu                                  : Wajiha al-Sabunji
Pekerjaan Ibu               : Artis

AWAL KEHIDUPAN DAN KARIR

Dame Zaha Mohammad Hadid atau biasa dikenal dengan sebutan “Zaha Hadid” merupakan seorang anak dari pengusaha/industrialis kaya dan artis terkenal dari Mosul, Irak.
Bakat arsitek telah terlihat di dalam dirinya sejak masih kecil, dia merancang sendiri kamar tidurnya, bisa saja ini merupakan karya pertamanya yg dirancangnya. Desain tersebut ternyata disukai banyak orang. Dari sana, tukang bangunan lantas menerapkan desain kamar tersebut untuk orang-orang yang ingin mempunyai konsep desain seperti kamarnya.

Zaha hadid membangun awal karir dengan belajar matematika di Amerika University of Beirut dan menerima gelar sarjana, setelah itu Ia memutuskan untuk melanjutkan studinya ke Architectural Association School of Architecture, London pada tahun 1972. Disana dia bertemu dengan arsitek ternama lainnya yaitu Rem Koolhaas, Elia Zenghelis dan Bernard Tschumi. Ia bekerja untuk mantan profesornya, Koolhaas dan Zenghelis, di Office for Metropolitan Architecture, Rotterdam, Belanda hingga 1977.

American University of Beirut
Sumber : https://forward.com/news/434935/american-university-beirut-lebanon-israel-antisemitism/

PENGHARGAAN

1. Zaha Hadid merupakan wanita Arsitek pertama yang memenangkan penghargaan Arsitektur Pritzker pada tahun 2004. Penghargaan Arsitektur Pritzker dianugerahi setiap tahun “untuk menghormati seorang arsitek atau para arsitek yang masih hidup yang telah memberikan kontribusi konsisten dan signifikan untuk kemanusiaan dan membangun lingkungan melalui seni dan arsitektur

2. Mendapatkan Penghargaan RIBA Stirling Prize pada tahun 2010 dan 2011

3. Structural Steel Design Awards (Penghargaan Desain Baja Struktural) , Tujuan dari Structural Steel Design Awards adalah untuk merayakan keunggulan Inggris dalam bidang konstruksi baja, khususnya menunjukkan potensinya dalam hal efisiensi, efektivitas biaya, estetika, keberlanjutan, dan inovasi.

4. Praemium Imperial (2009), Praemium Imperial adalah sebuah hadiah seni internasional diresmikan di 1988 dan diberikan sejak 1989 oleh keluarga Kekaisaran Jepang atas nama Asosiasi Seni Jepang di bidang seni lukis , patung , arsitektur , musik , dan teater / film

5. Jane Drew Prize (2012), Jane Drew Prize adalah merupakan penghargaan arsitektur yang diberikan setiap tahun oleh Arsitek Journal untuk orang yang menunjukkan inovasi, keragaman dan inklusivitas dalam arsitektur . Ini dinamai arsitek modernis Inggris Jane Drew

Dan masih banyak lagi penghargaan-penghargaan lain yang didapatkan oleh sang Arsitek kita yang satu ini.

KARYA ZAHA HADID

1. Heydar Aliyev Center, Baku, Azerbaijan

Heydar Aliyev Center, Baku, Azerbaijan
Sumber Gambar : https://www.floornature.com/zaha-hadid-heydar-aliyev-center-baku-azerbaijan-9049/

Pusat Kebudayaan Heydar Aliyev (bahasa AzeriHeydar Aliyev Mərkəzi) adalah sebuah kompleks bangunan di Baku, Azerbaijan yang dirancang oleh arsitek berkebangsaan Irak-Inggris, Zaha Hadid. Bangunan ini terkenal karena arsitekturnya yang khas dan gaya lengkung yang mengalir. (Wikipedia)

2. Guangzhou Opera House, Guangzhou, China

Guangzhou Opera House, Guangzhou, China
Sumber Gambar : https://archello.com/project/guangzhou-opera-house

Gedung Opera Guangzhou adalah sebuah gedung opera Tionghoa di Guangzhou, provinsi Guangdong, Republik Rakyat Tiongkok. Seperti kerikil di sungai yang dihaluskan oleh erosi, Gedung Opera Guangzhou terletak dalam harmoni yang sempurna dengan lokasinya di tepi sungainya . Gedung Opera adalah jantung dari perkembangan budaya Guangzhou. Desain bebatuan kembar yang unik menyempurnakan kota dengan membukanya ke Sungai Pearl, menyatukan bangunan budaya yang berdekatan dengan menara keuangan internasional di kota baru Zhujiang di Guangzhou.

3. Hungerburgbahn, Innsbruck, Austria

Stasiun Kereta Hungerburgbahn, Innsbruck, Austria
Sumber Gambar : https://uzone.id/5-gedung-karya-zaha-hadid-paling-terkenal-di-dunia

Hungerburgbahn adalah kereta api kabel hibrida di Innsbruck , Austria , menghubungkan distrik kota Hungerburg dengan pusat kota. Jalur saat ini dibuka pada 1 Desember 2007, menggantikan jalur sebelumnya yang beroperasi dari 1906 hingga 2005. Hungerburgbahn baru adalah salah satu landmark kota, dengan stasiun yang dirancang oleh Zaha Hadid , dan dibangun oleh Leitner AG. (Wikipedia)

4. Maxxi Museum, Roma, Italia

Maxxi Museum, Roma, Italia
Sumber Gambar: https://en.wikiarquitectura.com/building/maxxi-national-museum-of-xxi-century-arts-in-rome/

Maxxi Museum, Roma, Italia adalah salah satu karya Zaha Hadid yang memenangkan penghargaan Arsitektur Pritzker, museum nasional ini didedikasikan untuk kreativitas kontemporer, yang terletak di lingkungan Flaminio Roma, Italia

5. The Riverside Museum, Glasgow, Skotlandia

The Riverside Museum, Glasgow, Skotlandia
Sumber Gambar : https://www.archdaily.com/161343/over-500000-visitors-to-the-riverside-museum-in-its-first-weeks

Riverside Museum of Transport di Glasgow Skotlandia, adalah salah satu karya Zaha hadid yang memenangkan penghargaan Museum Eropa Tahun 2013. Lokasinya di tepi sungai Clyde bersebelahan dengan pertemuan sungai itu dan sungai Kelvin.

ZAHA HADID TUTUP USIA

Sayangnya Zaha Hadid harus tutup usia pada umurnya yg berusia 65 tahun , Beliau meninggal karena penyakit bronkitis dan mengalami serangan jantung saat mengalami perawatan di Miami, Amerika Serikat. Beliau meninggalkan karya-karya yang sangat luar biasa dan menjadi sumber inspirasi bagi seluruh arsitek di dunia. Kita sangat bersyukur bahwa Tuhan telah memberikan sosok yang luar biasa dalam dunia arsitektur, dan tentu saja karyanya bermanfaat bagi sesama dan lingkungan di sekitarnya.

Salam Arsitek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *